Ujian Kedua Setelah Skripsi

6:54 AM Makhfuzi Fahmi 2 Comments

"Hari yang indah, ku tunggu-tunggu, sudah saatnya kita.... ujian!

Setelah kurang lebih lima bulan menempuh rangkaian kegiatan On The Job Training (OJT), akhirnya tiba juga hari yang bersejarah ini. Hari uji project assignment (PA)! Sebelumnya saya telah menempuh pendidikan sikap, mental dan disiplin (semacam pendidikan semi militer) selama sepuluh hari. Selanjutnya mengikuti orientasi perusahaan selama tujuh hari, pembidangan selama 40 hari dan terakhir adalah OJT selama lima bulan. Perjalanan yang lumayan panjang kan untuk menjadi pegawai?

Ngerasain OJT lima bulan itu rasanya lama banget! Pengennya cepet-cepet ujian PA. Tapi begitu deket-deket tanggal ujian PA, rasanya deg-degan nggak karuan. Mendadak mules. Mikir inilah itu lah, takut dapet pertanyaan di luar ekspektasi lah. Macem-macem. Tapi saya berusaha untuk tetep calm down dengan menyiapkan yang perlu disiapkan. Daripada mikir yang engga-engga mendingan buat mikir yang iya iya. Iya nggak? Mind power, selalu berpikir positif akan membuat kondisi jiwa menjadi lebih tenang *pose meditasi*.

Project Assignmet
Judul PA Saya
Fyi PA itu seperti skripsi di perkuliahan. Jadi, salah satu syarat agar bisa lulus dari program OJT adalah dengan mengerjakan PA. Nah PA untuk siswa OJT bidang Sistem Informasi umumnya dituntut menghasilkan suatu produk aplikasi. Untuk membuat aplikasi sendiri sebenarnya memerlukan waktu yang banyak. Tapi kali ini kami hanya diberi waktu pengerjaan PA selama satu bulan. Men, dulu pas garap skripsi aja butuh waktu enam bulan! Lha sekarang ini cuma sebulan untuk melakukan analisis – perancangan – implementasi – hingga pengujian dengan tools enterprise yang benar-benar baru. Selain itu masih ada tanggungan lain yang harus dikerjakan. Bener-bener harus pinter mbagi waktu dan gercep (gerak cepat)!

The Day
Alhamdulillah presentasi berjalan dengan lancar. Tanggapan dari para penguji juga baik. Malah ada permintaan untuk pengembangan sistem lebih lanjut. Ok dapet tantangan baru. Walaupun keputusan final dari pihak manajemen belum keluar, tapi saya merasa LEGA BANGET karena tahap akhir ini sudah dilalui. Tinggal nunggu hasilnya, semoga selalu diberi yang terbaik oleh Allah SWT. Aamiin.

2 comments :

  1. Keren :D
    "Hari yang indah, ku tunggu-tunggu sudah saatnya..." :D
    tetep semangat beb :* (Tak komen ben semangat le ngeblog) ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik dikomen :D
      Makasih ya udah mampir. Iya aku semangat banget nih jadinya! ;)

      Delete