Precious Moment - My Graduation

6:00 AM Makhfuzi Fahmi 0 Comments


Tepat satu tahun yang lalu. Hari Sabtu, 1 November 2014 - adalah salah satu hari bersejarah bagi saya. Hari dimana kemauan, usaha dan doa benar-benar membuahkan sebuah hasil yang diidam-idamkan. Hari dimana saya berhasil melawan kemalasan, kekhawatiran, keputus asaan ketika mengerjakan sesuatu yang dinamakan skripsi.

Ya skripsi.
Adalah momok bagi sebagian mahasiswa tingkat akhir. Tapi mau nggak mau momok itu memang harus dihadapi selama statusnya masih mahasiswa agar bisa naik ke level selanjutnya. Tanpa ngerjain skripsi kita nggak bakal lulus, tanpa ngerjain skripsi beban hidup nggak bakal berkurang, tanpa ngerjain skripsi orang tua yang membiayai kuliah bakal terus nanyain ‘kapan wisuda?’. Tega nggantungin harapan orang tua buat anaknya? Kalau saya sendiri sih enggak.

Skripsi itu bukan hal yang mudah. Memang, saya akui itu. Walaupun nggak mudah tapi bukan berarti nggak bisa dikerjain kan? Buktinya dari beberapa generasi, sudah banyak puluhan ribu mahasiswa yang lulus termasuk saya. Kalau saya aja bisa teman-teman yang belum lulus juga pasti bisa. Tinggal niat, usaha ama doanya aja gimana.

Niat – usaha – doa.
Tiga hal yang menurut saya benar-benar penting dan harus selalu exist dalam pikiran dan tindakan. Kenapa? Karena tiga hal tersebut menjadi dasar saat kita akan dan ketika melakukan sesuatu. Niat untuk memperjelas tujuan yang harus dicapai, usaha adalah tindakan nyata untuk menggapai tujuan yang sudah diniatkan, kemudian doa untuk meminta ridho-Nya.
Tulis niat! Akan sangat membantu untuk selalu mengingatkan target yang harus diperoleh
Ketika terdampar dalam keterpurukkan, mulai males ngapa-ngapain ingat niat kembali, apa yang menjadi tujuan. Ketika sudah usaha kemudian mengalami kebuntuan, jangan berhenti. Berdoa dan berusahalah kembali, percayalah bahwa Allah akan memberi pertolongan yang nggak pernah kamu duga saat sedang berusaha. Keep moving forward!
Yakinlah usaha tidak akan mengkhianati hasil
“Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” (Qs. ar Ra’d : 11)




0 comments :