Jelajah Sejarah - Museum Nasional Indonesia

6:00 AM Makhfuzi Fahmi 0 Comments

Ada yang belum pernah ke Museum Nasional Indonesia? Kamu yang di Jakarta harusnya udah bolak balik ke sini. Rugi berat kalau belum nyempetin main ke museum terkece di seantero DKI Jakarta ini.
Musem Nasional Indonesia (Gedung A)
Museum Nasional Indonesia yang sering juga disebut Museum Gajah terletak di tengah-tengah kota tepatnya Jl. Medan Merdeka Barat No. 12, Jakarta Pusat. Kamu bisa naik busway lalu turun di halte Monas. Udah deh setelah itu tinggal nyeberang, langsung sampai di pelataran museum. Untuk masuk ke dalamnya, pengunjung cukup membeli tiket masuk seharga Rp 5000. Setelah itu pengunjung dapat menjelajah museum sepuasnya.
Tiket Masuk
Museum Nasional memiliki bentuk bangunan yang megah dengan arsitektur gaya Eropa. Entah kenapa ya saya selalu suka kalau melihat bangunan-bangunan peninggalan zaman Belanda. Terlihat kokoh, langit-langitnya yang tinggi memberi efek luas dan sejuk pada ruangannya, selalu ada taman hijau yang cantik, nyaman dilihat dan setiap bangunan seperti punya kisah tersendiri. Kira-kira seperti itu yang terlintas dipikiran saya saat meilhat bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang masih terawat dengan baik.
Bagian Depan Musem Nasional Indonesia (Gedung B)
Icon di Depan Museum Nasional Indonesia
Sebagai orang Indonesia, udah semestinya mengenal negerinya sendiri. Bukan berarti menggurui, wawasan saya mengenai Indonesia sebenernya belum seberapa. Tapi nggak ada salahnya kalau mulai mempelajari sejarah dan budaya bangsa kita sendiri kan? Salah satu caranya ya dengan mengunjungi museum. Saya sangat bangga ketika berkunjung ke Museum Nasional Indonesia. Lewat koleksinya, Museum Nasional Indonesia memperlihatkan dan menyadarkan saya bahwa Indonesia merupakan sebuah negara yang KAYA. Iya kaya banget!! Kaya akan seni dan budaya. Saya takjub begitu melihat berbagai koleksi buatan tangan-tangan pribumi dari daerah barat hingga timur Indonesia.

Di Museum Nasional Indonesia, saya bisa melihat upaya pemerintah untuk membuat museum dengan konsep yang bisa menaungi seluruh kekayaan negeri. Terlihat dari penataan koleksinya yang terbagi menjadi beberapa kategori di gedung A dan B. Gedung A sebagai pusat koleksi dari jaman prasejarah hingga koleksi sejarah Indonesia. Sedangkan gedung B dibuat dengan tema koleksi yang lebih modern. Seperti iptek, organisasi sosial dan pola pemukiman, manusia dan lingkungan, dll.
Ruang Belanda - Portugis
Meriam Peninggalan Zaman Belanda - Portugis
Banyak sekali koleksi yang bisa dilihat di gedung A, dan yang paling menarik perhatian saya adalah koleksi arkeologi yang terletak di halaman dalam gedung A. Asli kamu harus ke sini! Koleksi patung-patung Hindu-Budha ditata secara apik di kanan dan kiri koridor. Dan yang nggak kalah menarik adalah koleksi arkeologi yang ditata sedemikian rupa sehingga membentuk taman yang ciamik! 
Halaman Dalam Museum Nasional Indonesia (Gedung A)
Halaman Dalam Museum Nasional Indonesia (Gedung A)
Arca Ganesha
Selain itu, di gedung A juga terdapat beragam koleksi tekstil dari berbagai daerah, keramik dari dalam dan luar negeri, serta beragam etnografi Indonesia yang bisa dinikmati pengunjung. 
Koleksi Tekstil dari Kalimantan
Koleksi Keramik
Koleksi Gamelan Jawa Tengah
Buat jelajah museum ini saya membutuhkan waktu kurang lebih dua jam. Lama ya? Iya. Soalnya pas di dalam museum rasanya saya seperti tersihir oleh koleksi-koleksi yang dipajang. Rasanya sayang kalau melewatkan display-display yang ditata rapi dan cantik.

Nggak mau kan melewatkan museum yang satu ini? 
Bagi yang berminat menjelajahi Museum Nasional Indonesia bisa datang dari hari Selasa sampai Minggu, dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore (weekdays) dan jam 8 pagi sampai jam 5 sore (weekend).

0 comments :